• Larson Lemming posted an update 1 month, 2 weeks ago

    Geliat industri Esports Indonesia secara awam telah mulai dikembangkan sejak tahun 2012 silam. Seiring dengan perkembangan zaman, industri ini mengalami peningkatan tren yang cukup kencang, serta kian dikenal sejak tahun 2013.

    Kala itu, tim Esports Tanah Air mulai disusun, padahal cuma dari kelompok sosial. Kegigihan masing-masing regu untuk mulai mengikuti setiap turnamen yang ada membikin pamor Esports di Indonesia kian melejit. Kini, sudah banyak tim Esports yang bisa dijumpai dan mampu mengoleksi segudang prestasi.

    Potensi berjayanya industri Esports Indonesia tidak luput dari kiprah tim-regu Esports yang tak pernah berhenti untuk terus maju. Keduanya juga tak dapat dipisahkan di sebuah iklim persaingan yang bagus. Lalu, tim apa sajahkah yang dapat dikatakan paling berhasil hingga sekarang?

    Di urutan lima terdapat tim bernama Aerowolf. Tim ini memang belum pernah mencetak prestasi mentereng, namun konsistennya untuk sukses melaju menjadi tim papan atas di beraneka kompetisi konsisten sepatutnya diacungi jempol. Tim dengan tiga subunit ini berpengalaman mengikuti persaingan dalam dan laur negeri. Spesifikasi untuk masing-masing subunitnya meliputi PUBG, Mobile Legends, dan Free Fire.

    Di urutan empat terdapat tim bernama Bigetron Esports. Awalnya, tim ini berfokus pada game MOBA seperti League of Legends. Seiring dengan berubahnya tren, tim ini kian melebarkan sayap ke arah game lain, seperti PUBG, Mobile Legends, Tidak Fire, dan Auto Chess. Tidak tanggung-tanggung, regu ini telah berhasil menjuarai bermacam persaingan, terpenting pada berjenis-jenis ajang yang digelar di Tanah Air.

    Membuka deretan tiga besar, kita mempunyai tim bernama BOOM ID. Ini yakni regu yang berhasil meraih kesuksesan pada pelbagai turnamen Dota, sebelum turut mencetak kemenangan di cabang game lain, seperti Mobile Legends, Bayaran Fire, dan Apex Legends. Divisi utama regu ini sudah mengantongi sejumlah prestasi dalam negeri, serta lolos ke partai lanjutan di banyak kompetisi se-ASEAN.

    Berada di nomor dua merupakan RRQ, atau singkatan dari Rex Regum Qeon. Adalah salah satu regu tertua di Tanah Air, tim ini memulai kiprahnya dari perlombaan Dota 1. RRQ kemudian melanjutkan kejayaan pada cabang game lain, termasuk Mobile Legends. Catatan prestasi terbaik RRQ dapat jadi yaitu kerja sama tim dengan klub sepakbola PSG untuk beradu di sebuah persaingan Mobile Legends.

    Peringkat pertama ditempati oleh Evos Esports. Tim yang terwujud pada tahun 2016 ini memaksimalkan kiprahnya dari game Dota 2.
    esports indonesia , tim ini juga memiliki divisi tersendiri yang sanggup mewakili Esports Indonesia malahan sampai luar negeri. Prestasi regu ini mencakup kampiun pertama ataupun kedua di bermacam-macam kancah, hingga lolos ke babak lanjutan dari banyaknya turnamen Dota 2.